July 4, 2020

Wisata Gunung Andong, Gunung Indah untuk Pendaki Pemula

Puncak Gunung selalu menghadirkan nuansa magis yang memikat banyak orang untuk mendatanginya. Pemandangan alam yang indah, keindahan rona matahari yang baru muncul, atau pun hamparan permadani bumi yang terbentang di bawahnya. Keindahan gunung dan segala bentuk pesona yang dimilikinya, telah membuat wisata gunung pada hampir lima tahun terakhir menjadi kian populer di Indonesia.

Wisata Gunung Andong

Sayangnya untuk mencapai puncak sebuah gunung tidaklah gampang. Ada banyak tantangan dan kesulitan yang menghadang untuk bisa meraihnya. Tanjakan yang curam, rute yang panjang, dan waktu tempuh yang lama membuat tidak semua orang menyukai mendaki gunung. Karena itu lah meskipun saat ini wisata pendakian gunung sudah demikian populer di Indonesia, tidak semua orang yang berminat mendaki gunung bisa melakukannya.

Namun ada satu gunung di Propinsi Jawa Tengah yang ideal untuk pendaki pemula. Gunung ini hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk mencapai puncaknya. Dan di atas puncaknya panorama yang didapatkan juga tak kalah indah dengan gunung-gunung yang lebih tinggi. Gunung ini adalah Gunung Andong, gunungnya para pendaki pemula.

Tapak Tilas sejarah dan petualangan Wisata Gunung Andong

Gunung Andong adalah sebuah gunung di wilayah Kabupaten Magelang di Jawa Tengah yang memiliki ketinggian 1731 meter dari permukaan laut. Ada tiga puncak utama yang terdapat di Gunung Andong yakni Puncak Alap-alap, Puncak Jiwa, dan Puncak Makam. Para pendaki yang mengunjungi Gunung Andong umumnya memilih areal Puncak Jiwa sebagai lokasi mendirikan tenda. Karena selain lebih luas, Puncak Jiwa juga merupakan bagian tertinggi dari Gunung Andong.

Sementara untuk Puncak Makam sendiri merupakan tempat yang dianggap sakral di Andong. Di puncak ini terdapat sebuah makam yang oleh penduduk setempat dipercaya sebagai makam Ki Joko Pekik, salah satu ulama besar Tanah Jawa. Dan untuk Puncak Alap-alap, memang biasa digunakan untuk lokasi camp ground juga, namun umumnya tidak seramai para pendaki yang memilih camp ground Puncak Jiwa.

Kelengkapan fasilitas Base Camp Andong

Karena merupakan gunung wisata yang hampir selalu ramai dikunjungi setiap hari. Maka perkembangan sarana dan prasarana pendukung aktivitas pendakian di Andong juga sudah sangat baik. Dua base camp utama Gunung Andong rata-rata sudah memiliki beberapa fasilitas fundamental seperti berikut;

  • Lahan parkir yang lapang.
  • Kamar mandi yang bersih dan cukup banyak jumlahnya.
  • Warung makan.
  • Penyewaan alat pendakian dan jasa porter.
  • Masjid.
  • Base camp utama untuk istirahat.

Tiket masuk dan retribusi

Untuk harga tiket masuk kawasan wisata Gunung Andong sendiri terhitung tidak begitu mahal. Selain bea masuk wisata, memang tiket disatukan juga dengan biaya parkir dan asuransi. Dan lokasi penarikan tiket masuk serta registrasi pendakian biasanya terletak persis di depan base camp.

Berikut info harga tiket pendakian Gunung Andong:

No Item Harga
1 Tiket pendakian Rp, 8.000/ orang
2 Parkir motor Rp,  5.000 / motor
3 Retribusi asuransi dll Rp, 2.500
Total Rp, 15.500

Akses menuju lokasi

Untuk mencapai kaki Gunung Andong, terutama Base Camp Sawit yang merupakan pintu masuk utama. Perjalanan dapat dimulai dari Kota Jogjakarta menuju Magelang dengan sewa bus pariwisata. Dari Magelang perjalanan kembali naik bus antar kabupaten juruan Kota Magelang – Salatiga. Tepat di depan Pasar Ngablak turun, dan perjalanan menuju Base Camp Sawit dapat dilanjutkan menggunakan jasa ojek.

Mari Berwisata ke Gunung Andong

Dengan mudahnya fasilitas transportasi dan akses menuju Gunung Andong. Tempat ini kemudian dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan baru wisata alam, baik bersama keluarga, atau pun bersama sahabat. Selain dapat menikmati panorama pedesaan kaki gunung yang asri dan damai, perjalanan ke Andong dapat juga dilakukan sebagai sebuah ziarah spiritual mengunjungi makam Ki Joko Pekik.

Sebagai upaya kita memajukan wisata alam serta memudahkan para peminat mendaki gunung pemula memperoleh informasi untuk pendakian pertama mereka. Maka kita dapat berbagi informasi yang bermanfaat ini dengan cara men-share di akun medsos masing-masing. Karena bagaimana pun juga, dengan segala pesonanya, wisata Gunung Andong memang layak untuk diketahui keindahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *