September 29, 2020

Yuk Ketahui Sejarah dan Perkembangan Mesin Cetak!

Sejarah dan Perkembangan Mesin Cetak!

Mesin cetak merupakan alat yang digunakan untuk mencetak lembaran yang sama, seperti mencetak buku, koran, majalah, dan yang lainnya dari skala kecil hingga skala tinggi. Mesin cetak kini dikerjakan secara otomatis, sehingga sangat mudah dalam menggunakannya. Namun, apakah kalian tahu bagaimana sejarah mesin cetak dan perkembangannya saat ini? Yuk kita simak pembahasannya!

Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg adalah orang yang berperan penting dalam penemuan mesin cetak pada tahun 1440. Johannes Gutenberg berasal dari keluarga bangsawan di Mainz, Jerman tahun 1398. Namun, pada  1428 ia pindah ke bandar Strasbourg karena masalah politik. Di sana ia bekerja sebagai pemindai logam yang menghasilkan aksesoris untuk diberikan kepada pemuka agama Kristen.

Setelah tinggal di Starsbourg selama 20 tahun, dia kembali lagi ke kampung halamannya di Mainz dan bekerja sebagai tukang emas. Penemuan dalam teknologi percetakan yang disumbang oleh Gutenberg adalah aloy logam huruf atau type metal, tinta berbasis minyak, dan juga cetakan untuk mencetak huruf secara tepat dan cepat. Berkat itu semua, sekitar tahun 1450 Gutenberg mulai mendapat ketenarannya.

Perkembangan Mesin Cetak

Sejarah dan Perkembangan Mesin Cetak

Mesin cetak gutenberg

Cikal bakal penemuan mesin cetak dimulai pada 1436 ketika Gutenberg bekerja sama dengan Andreas Dritzehan dan Andreas Heilmann. Andreas Dritzehan merupakan anak didik Gutenberg saat mempelajari pemotongan batu permata. Sementara Andreas Heilmann seseorang yang mempunyai pabrik kertas. Penemuan resmi mesin cetak ini pada tahun 1439 pada saat diadakan gugatan hukum melawan Gutenberg. Di dalam gugatan tersebut, saksi-saksi yang hadir membicarakan mengenai cetakan Gutenberg, inventaris logam (termasuk timah), dan cetakan ketikannya.

Saat pertama kali menggunakannya, dalam balok logam di sebuah bingkai ia letakkan tiap-tiap huruf secara bersamaan. Setelah itu, ia memindahkan kertas dan tinta di atasnya, seperti perangko, hingga akhirnya di kertas itu terdapat goresan tinta yang membentuk huruf-huruf tadi.

Mesin cetak uap

Pada tahun 1800-an, terciptalah mesin cetak uap pertama yang terbuat dari besi. Desain asli dari mesin Gutenberg tidak berubah pada mesin ini. Sayangnya mesin ini hanya mampu menghasilkan 250 cetakan dalam waktu satu jam. Sampai tahun 1814 saat pers otomatis pertama diciptakan, standar tersebut telah diganti hingga sekarang. Perubahan standar itu berpengaruh pada meningkatnya efisiensi percetakan buku dan surat kabar.

Mesin cetak elektronik pertama

Di tahun 1968, perusahaan Seiko dari Jepang membuat mesin cetak elektronik pertama dengan seri EP-101. Mesin cetak ini pastinya lebih modern dan cara memakainya juga lebih sederhana, yaitu memutar sabut karet berisi deretan angka 0-9 dan A-Z sesuai informasi yang diterima. Penciptaan mesin cetak elektronik pertama ini mendapat sambutan baik dari seluruh masyarakat. Maka dari itu, orang-orang menaruh harapan ke perusahaan ini untuk menciptakan produk yang lebih canggih lagi.

Mesin cetak di era digital

Kemajuan teknologi yang pesat di era modern sekarang ini sangat membantu perkembangan mesin cetak. Banyak perubahan pada mesin cetak dewasa ini, seperti bentuk, format, struktur, tekstur dan model dari iklan tersebut. Saat ini sudah banyak jenis mesin cetak yang dibuat, diantaranya cetak offset dan digital printing. Tentunya hasil cetakannya jauh lebih tajam dan proses mencetaknya juga mudah dan cepat.

Nah, itu dia sejarah dan perkembangan dari mesin cetak yang berhasil di rangkum oleh Tim tali id card jakarta di produksitalilanyard.com . Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa semakin banyak ilmu pengetahuan yang manusia dapatkan, semakin cepat pula perkembangan teknologi. Hal itu terbukti dari kemajuan mesin cetak yang pesat dalam waktu 500 tahun terakhir. Selain itu, kita juga harus bisa menghasilkan inovasi-inovasi baru untuk kemajuan mesin cetak yang nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *