February 25, 2021

Ini Dia Perbedaan Lantai Laminasi dan Lantai Vinyl yang Wajib Diketahui!

Mungkin anda bingung tentang perbedaan kayu laminasi dengan vinyl tile. Pertanyaan seperti ini mungkin kerap kali muncul ketika anda memilih kedua tipe penutup lantai tersebut. Jika melihatnya sekilas, anda memang akan sulit untuk membedakan kedua tipe penutup lantai tersebut karena memiliki bentuk yang identik.

Perbedaan Lantai Laminasi dan Lantai Vinyl

Apalagi ketika melihat corak atau bagian atas yang sangat sulit bagi anda untuk membedakannya. Terlebih lagi ketika kayu laminasi dan lantai vinyl telah terpasang, kedua tipe penutup lantai tersebut seolah telah menyatu dan tak bisa dipisahkan.

Ketika anda membandingkannya dengan lantai kayu solid tentu saja berbeda karena memiliki corak berkarakter yang cukup unik. Anda pun tidak bisa membedakannya dengan lantai vinyl dan lantai laminasi. Hal ini dikarenakan lantai kayu solid terbuat dari kayu asli sehingga tidak mungkin satu lantai kayu memiliki corak yang sama dengan kayu lainnya.

Yang perlu anda ingat adalah vinyl tile dan lantai laminasi adalah lantai yang diproduksi oleh pabrik, sehingga corak lantai antara kedua jenis penutup lantai ini sudah pasti sama. Terlebih ketika ada berbagai macam corak favorit yang sangat digemari oleh banyak konsumen, sehingga corak tersebut tentu saja akan dipilih dan dicetak untuk dijual di pasaran. Oleh karena itu anda akan menemukan corak tersebut pada lantai laminasi dan lantai vinyl dengan motif kayu.

Sangat penting bagi anda untuk mengetahui perbedaan kedua tipe penutup lantai tersebut, karena akan sangat krusial bagi anda ketika harus memilih diantara kedua jenis lantai tersebut mengingat terdapat perbedaan harga yang sangat mencolok dan juga kualitas yang bisa diadu. Namun hal yang paling penting adalah kedua jenis lantai tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sebagai contoh, lantai laminasi sangat cocok diaplikasikan di ruang tamu atau di ruang keluarga karena alasan kesehatan dan kenyamanan. Namun anda memilih vinyl tile yang berbahan dasar PVC yang tentu saja tidak cocok untuk kenyamanan dan kesehatan serta suhu panas yang akan dikeluarkan oleh bahan tersebut.

Sebaliknya, lantai vinyl sangat cocok untuk digunakan di luar ruangan atau di dapur karena jenis lantai ini sangat cocok untuk melawan kelembaban. Namun alih-alih memilih lantai vinyl, anda memilih lantai laminasi yang tidak tahan dengan air. Tentu saja hal ini sangat merugikan anda. Maka dari itu anda harus jeli dalam memilih penutup lantai agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah perbedaan yang harus anda pahami ketika memilih antara kayu laminasi dan vinyl tile.

Perbedaan Kayu Laminasi dan Lantai Vinyl Sebelum Pemasangan

Sangat mudah untuk membedakan kayu laminasi dan vinyl tile sebelum proses pemasangan. Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah mengecek fisik penutup lantai tersebut secara langsung. Untuk kayu laminasi, bahan yang satu ini terbuat dan serbuk kayu yang lebih keras. Lantai ini juga terdapat pengunci T dan G yang terdapat di bagian sisi.

Sementara itu, untuk lantai vinyl, jenis bahan penutup lantai yang satu ini terbuat dari PVC yang sangat elastic serupa dengan karet namun tidak terdapat pengunci T dan G di bagian sampingnya.

Namun jika lantai telah terpasang, sangat sulit bagi anda untuk membedakan kedua penutup lantai ini karena sangat sulit untuk mengecek sisi lain dari lantai ini. Salah satu cara yang bisa anda lakukan hanyalah mengetuk lantai tersebut. Jika mengeluarkan suara bukan kayu, maka itu adalah lantai vinyl namun sebaliknya jika mengeluarkan suara seperti kayu maka itu adalah kayu laminasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *